Pengertian Manajemen

Secara umum, manajemen merupakan suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Manajemen juga dapat diartikan sebagai tindakan manipulatif dengan menggunakan sekelompok sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Suatu perusahaan selalu berawal dari visi dan misi. Akan tetapi apa hubungan tujuan dan visi/misi?

Visi dan misi biasanya dipaparkan dengan guna mencapai suatu tujuan. Dimana tujuan suatu perusahaan pasti adalah profit atau keuntungan. Sehingga setelah dapat tujuan yang akan dikehendaki, muncullah sasarannya. Sasaran itu sendiri merupakan tujuan yang telah diboboti sedemikian rupa sehingga dapat menjadi lebih spesifik dan terarah.

VISI DAN MISI --> TUJUAN --> SASARAN

Dari posisi kita sebagai seseorang yang ingin memulai perusahaan menuju ke sasaran yang telah kita tetapkan sesbelumnya harus dijalankan dengan menggunakan strategi. Berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi yang digunakan guna menuju sasaran yang tepat:
1. Sumber Daya Manusia (SDM)
2. Budget
3. Teknologi
4. Aset
5. Network
6. Waktu

Uang dapat menjadi jawaban dari faktor-faktor tersebut. Karena kalau kita punya uang, kita dapat mempekerjakan SDM yang bagus, modal yang mencukupi, membeli teknologi-teknologi terbaru yang akan mempermudah usaha kita, memiliki aset, bahkan dapat mempekerjakan orang yang mempunya networking yang baik sehingga kita jadi punya network. Akan tetapi, dari keenam faktor tersebut, hanya faktor waktu yang tidak dapat dibeli dengan uang. Karena tidak ada satu manusia pun yang dapat menjual waktunya untuk kita. Hal tersebut berarti sangat penting bagi kita sebagai seorang calon pengusaha untuk belajar mengenai time management dengan sangat baik sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. Mengenai time management akan dijelaskan di post saya selanjutnya.

Walaupun kita sudah mengerjakan beberapa faktor tersebut dengan sebaik mungkin, tetap saja hambatan akan terjadi dan kita harus memikirkan upaya untuk melewati hambatan tersebut. Dalam melewati suatu hambatan, kita harus melakukan manuver/taktik. Manuver merupakan tindakan tiba-tiba dan tidak terduga yang dilakukan tergantung oleh hambatannya. Hal tersebut perlu untuk dilakukan agar pesaing-pesaing kita tidak dapat membaca pergerakan kita atau dapat juga dikatakan sebagai pengecoh.

Tujuan yang telah ditetapkan harus diketahui oleh semua orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut agar semua orang dapat berjalan kepada arah yang sama dan mencapai tujuannya sesuai dengan waktu bahkan mungkin lebih cepat dari yang telah diperkirakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda