Management pada Teknologi Pangan 1

BAHAN BAKU ------> DIPROSES -----> PRODUK -----> DIPASARKAN 

Proses diatas merupakan proses suatu industri pangan pada umumnya berjalan. Contohnya adalah pada perusahaan cokelat. Bahan baku mula-mula akan didapat dari perkebunan kakao berupa buah kakao. Lalu, kemudian dikirim ke pabrik dan diproses hingga menjadi produk cokelat. Setelah itu, terdapat pengemasan dan pada akhirnya dapat dipasarkan ke berbagai toko atau pasar. Sedangkan terdapat proses singkat seperti contohnya pada pangan seperti sayur-sayuran. Contohnya bayam setelah dipanen, langsung dicuci, diikat lalu langsung dipasarkan. 

Terdapat 2 pola yang sering dilihat dalam sehari-hari yang bertujuan untuk memunculkan ide menjadi produk, yaitu:
1. Teknologi Push
Teknologi push merupakan sebuah produk yang akan dibuat dengan menggunakan penelitian, riset dan penggunaan teknologi yang kedepannya akan menjadi kebutuhan pasar. Contohnya adalah rumput laut banyak di Lombok, maka kemudian rumput laut tersebut diteliti sampai didapatkan produk yang sesuai. Jadilah dodol rumput laut yang menjadi ikon Lombok. Dengan kata lain ; bahan baku yang banyak --> produk tidak terdapat di pasaran --> jadi dibuat produk baru untuk di pasarkan.

2. Market Pull
Market pull merupakan sebuah metode pengambilan keputusan yang digunakan untuk melakukan kegiatan produksi berdasarkan kebutuhan pasar. Contohnya adalah pengembangan minyak kelapa menjadi minyak kelapa sawit. Hal tersebut dikarenakan permintaan minyak kelapa yang sangat banyak sehingga harus mencari alternatif mana yang dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Digunakan kelapa sawit karena peremajaan lebih cepat dan yield nya pun lebih besar per hektarnya. Dengan kata lain; bahan baku --> permintaan pasar yang sangat tinggi --> produk untuk memenuhi kebutuhan pasar. 


Pada pada produk yang telah mulai jenuh, market pull sangat berpengaruh untuk tetap mempertahankan konsumen agar tidak jenuh terutama dengan cara mengembangkan inovasi dan kreatifitas pada produk yang dihasilkan agar sesuai dengan tren ataupun kebutuhan pasar. Sedangkan pengaruh technology push pada produk yang mulai jenuh ialah dikembangkannya produk dengan teknologi-teknologi baru yang memberikan kemudahan lebih bagi konsumen dan nantinya akan menjadi kebutuhan baru bagi konsumen. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda