Management pada Teknologi Pangan 2-Bahan Baku

Seperti yang telah dibahas pada "Management pada teknologi Pangan 1" yang telah saya tulis sebelumnya, Terdapat beberapa tahapan dalam industri pangan, yaitu :

BAHAN BAKU ------> DIPROSES -----> PRODUK -----> DIPASARKAN 


1. Bahan Baku
Terdapat beberapa sifat negatif yang tidak dapat dihindarkan dari bahan baku, yaitu mudah rusak (perishable) contohnya buah-buahan seperti strawberry, musiman (contohnya: musim durian, musim mangga, dsb), dipengaruhi cuaca (contohnya garam), dan bulky (besar). Terdapat pengelolaan tersendiri untuk bahan baku, yaitu:
  • Pencucian--> Pencucian dilakukan dengan cara yang spesifik untuk setiap bahan (beda bahan=beda mesin pencucian). Pencucian ini dibedakan karena masing-masing bahan pangan memiliki tingkat perlindungan yang berbeda-beda, ada yang rapuh karena kulitnya sangat tipis, ada pula yang kuat karena kulitnya yang tebal dan berduri.
  • Sortasi--.> Sortasi juga dilakukan secara spesifik untuk setiap bahan pangan.
  • Pengupasan-->. Pengupasan bisa dilakukan tersendiri, bisa juga disamakan dengan proses pencucian. 
  • Penimbangan--> Jika bahan bakunya sedikit bisa pakai timbangan karung-karungan. Akan tetapi ketika bahan bakunya banyak, barulah pakai truk tank, jembatan timbang
  • Penyimpanan---> Tidak semua bahan baku setelah dipanen dapat langsung diolah, terdapat banyak sekali bahan baku yang disimpan dulu sekian lama barulah bisa diolah. Pengaturannya adalah first in first out, suhu tempat penyimpanan, suhu dan kelembaban.


Bahan baku merupakan tahapan pertama dalam suatu proses, akan tetapi tahapan yang paling penting / crucial. Terdapat 2 jenis bahan baku, yaitu:
1. Bahan baku langsung
Bahan baku langsung adalah semua bahan baku yang merupakan bagian dari barang jadi yang dihasilkan. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku langsung ini mempunyai hubungan erat dibandingkan dengan jumlah barang jadi yang dihasilkan.

2. Bahan baku tidak langsung
Bahan baku tidak langsung adalah bahan baku yang tidak ikut berperang dalam proses prosukdi tetapi tidak secara langsung tampak pada barang jadi yang dihasilkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda