Food and Beverage Industry Management 2
Menu dalam industri makanan dan minuman terbagi menjadi 2 bentuk yaitu:
- Table d'hote -> merupakan menu yang berisi makanan dan minuman yang sudah terbagi menjadi beberapa paket menu, dimana harga menu paket hampir sama dan pilihan menu tidak terlalu banyak (misalnya: paket hemat di KFC, dan sebagainya).
- A la carte -> merupakan menu yang terdiri dari pesanan perorangan yang berbeda-beda, dimana harga menu yang ditawarkan berbeda-beda dan pilihan menunya sangat beragam.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam industri makanan dan minuman:
1. Pembelian dapat diartikan sebagai fungsi yang berkaitan
dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penerimaan, penyimpanan, dan
penggunaan akhir komoditas yang dibeli. Konsep penting yang perlu
diperhatikan dalam pembelian yaitu produk dan kualitas yang tepat dengan
harga dan waktu yang tepat dari sumber yang tepat.
2. Produksi, Pelayanan dan Kontrol merupakan tahapan penting dalam
sebuah industri makanan/minunman. Proses produksi dan pelayanan
memperhatikan varietas, jenis, grade produk yang dihasilkan, preparasi
dan pengolahan bahan baku, metode penyajian poduk, dan kebijakan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points)
untuk menjaga keamanan pangan. Sedangkan proses pengontrolan terdiri
dari pembentukan dan pemeliharaan standar, analisis pendapatan dan biaya
pengeluaran, anggaran, penjualan, dan sebagainya.
3. Pegawai merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan
dari perusahaan. Dalam menyeleksi pegawai, terdapat beberapa aspek yang
dipertimbangkan seperti usia, jenis kelamin, hard skill, soft skill, dan lainnya. Berkaitan dengan pegawai, terdapat beberapa istilah sebagai berikut:
Job description: deksripsi dan uraian-uraian tugas dari sebuah posisi
Job qualification: syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi seseorang untuk melamar sebuah posisi
Job review: penilaian yang dilakukan oleh atasan/supervisor pegawai terhadap kinerja pegawai tersebut
4. Pemasaran merupakan kunci dari keberlangsungan industri makanan
dan minuman. Penentuan segmentasi pemasaran dapat dilakukan berdasarkan
beberapa aspek seperti geografis, demografis, psikografis, dan perilaku
konsumen. Analisis produk, harga, tempat, dan promosi perlu dilakukan
perusahaan.
Komentar
Posting Komentar