Inovasi Produk dan Proses dalam Industri Pangan

Seiring dengan perkembangan zaman didukung oleh bertambahnya penduduk, industri pangan mulai melakukan berbagai inovasi produk pangan. Inovasi atau pengembangan produk merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan setiap perusahaan pangan agar dapat terus bersaing dengan perusahaan lainnya. Riset merupakan dalah satu hal yang dapat menunjang inovasi produk tersebut, baik riset mengenai produk ataupun market research. Dalam industri pangan itu sendiri, terdapat beberapa pembelajaran berkaitan inovasi yang dapat diambil dari 3 perusahaan yaitu Pennine Foods, H.P. Bulmer dan Johma Nederland B. V.

Pennine Foods
 Pennine Foods merupakan perusahaan pangan yang bergerak dalam produks produk siap saji melalui retailer yaitu Marks and Spencer (M&S). Sebagai perusahaan yang sedang mencari retailer, perusahaan tersebut harus tahu segala informasi yang berkaitan dengan retailer tersebut, terutama mengenai pasarnya. Dalam kasus ini, pasar M&S merupakan masyarakat menengah keatas. Dalam kerjasama Pennine Foods dengan M&S, Pennine Foods memiliki keterbatasan dalam inovasi produk-produknya dikarenakan harus memperhatikan pasar M&S. Dalam menciptakan inovasi produk yang tepat, Pennine Foods harus bekerja sama dengan M&S dalam menentukan produk berdasarkan dengan permintaan pasar. 

H.P Bulmer
H.P Bulmer merupakan perusahaan pangan yang bergerak dalam produk sari apel. Produk yang merupakan hasil onovasi H.P Bulmer dan merupakan inovasi yang sukses adalah cuka apel (cider). Pada saat itu, apel hasil panen kebun pahit, sehingga terjadi penurunan penjualan apel dalam keadaan segar. Sehingga untuk menghilangkan rasa pahit apel, perusahaan mencoba untuk memfermentasikan sari apel tersebut agar dapat tetap laku dijual. Hasil manis pun didapat, yaitu produk hasil fermentasi sari apel ternayata disukai oleh masyarakat, sehingga penjualannya pun menjadi laku keras. Dalam rangka untuk mempertahankan kesuksesan perusahaan, H. P. Bulmer terus menerus melakukan pengawasan pasar, dan terus menerus melakukan inovasi cuka apel sesuai dengan peluang pasar tersebut. 

Johma Nederland B.V
Merupakan perusahaan Belanda, dimana bergerak dalam produk salad dingin. Perusahaan ini sukses dikarenakan inovasi salad dinginnya, karena pada saat itu belum ada produk semacam itu,. Salad dingin pun menjadi produk andalan dari perusahaan tersebut. Sehingga banyak perusahaan yang menganggap produk tersebut potensial dan unggul di mata perusahaan-perusahaan lainnya. Maka itu, Johma Nederland B. V memfokuskan inovasi produk hanya pada produk salad dingin tersebut. Fokus pada pasar yang dituju adalah salah satu hal penting dalam inovasi produk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda