A Sweet Sustainable Solution


Zero waste merupakan suatu kondisi tidak adanya limbah (waste) yang hasilkan dari mulai produksi sampai berakhirnya suatu proses produksi. Namun nyatanya untuk mencapai zero waste itu sangatlah sulit dan mungkin hampir mustahil dilakukan, karena tidak ada pabrik yang benar-benar tidak menghasilkan limbah, pasti ada panas atau padatan yang sudah tidak bisa digunakan lagi dan pada akhirnya harus dibuang. Video yang berjudul Village Hub: A Sweet Sustainable Solution memberikan gambaran mengenai pabrik di Indonesia yang sustainable bahkan mendekati zero waste.


Indonesia merupakan negara yang sangat luas, sehingga ada beberapa wilayah yang masih pedalaman dan sulit terjangkau oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah di wilayah sekitar Tondano, Sulawesi Utara. Wilayah pedalaman di sekitar Tondano masih banyak masyarakat yang menganggur, namun sebagian besar penghasilan mereka dari pengolahan nira aren. Nira aren sangat berlimpah di wilayah tersebut karena lokasi geografis di wilayah Tondano mendukung pertumbuhan tanaman aren. Nira aren biasanya dimanfaatkan warga sekitar untuk dijadikan tuak/minuman beralkohol. Sedangkan pengolahan menjadi gula aren itu sendiri hanya sedikit. Karena sebagian besar pengolahan nira aren adalah untuk tuak, maka warga sekitar pun memiliki kebiasaan untuk meminum tuak bahkan sejak masa kanak-kanaknya.


Maka itu, seorang ahli kehutanan dari luar negeri bernama Dr. Willie Smits datang ke Tondano, Sulawesi Utara dan mengenalkan beberapa teknologi untuk mengolah nira aren menjadi gula aren dan bioetanol. Sehingga lama kelamaan pun Dr. Willie dapat mengubah persepsi masyarakat dari peminum tuak menjadi pengolah nira aren yang dapat lebih bermanfaat. Nira aren tersebut tidak di proses menjadi tuak lagi, namun dijadikan gula aren dan bioetanol. Sistem yang diciptakan Dr. Willie juga merupakan zero waste, karena dalam proses pengolahan tersebut merupakan sistem yang berkelanjutan dengan memanfaatkan kembali produk-produk samping hasil pemrosesan nira aren.  Sehingga pada akhirnya pabrik tersebut dapat menciptakan kesejahteraan bagi warga sekitar Tondano dan mengubah persepsi masyarakat mengenai nira aren, sehingga nira aren tersebut dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda