Apakah "Petani Kecil" berkontribusi kecil juga?


Jika dilihat dari kata-katanya, "Petani Kecil" pasti muncul dalam benak bahwa petani tersebut memiliki lahan atau bahkan produksi yang kecil atau pendapatan kecil sehingga mungkin kontribusinya bagi produksi pangan global juga kecil. 

Sebelum berasumsi mari kita baca penjelasannya dulu ya.

Pada tahun 2050, populasi manusia di dunia diperkirakan mencapai 9,1 milyar, sehingga produksi pangan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebanyak itu jelas harus ditingkatkan. Dalam hal ini, petani sangat berperan besar untuk memproduksi pangan global. Petani kecil itu sebenarnya adalah petani yang memiliki rerata luas lahan kurang dari 2 hektar. Data mengatakan bahwa pertanian kecil ternyata telah berkontribusi terhadap 70% total pemenuhan kalori didunia. Akan tetapi, petani kecil justru mengalami kemiskinan padahal mereka lah yang telah memenuhi sebagian besar kebutuhan pangan kita. 

Berdasarkan pemetaan dari hasil penelitian Samberg, dkk (2016), pertanian kecil merupakan pertanian yang lahannya kurang dari 5 hektar. Dalam penelitian tersebut, terdapat sekitar 28% lahan pertanian di 83 negara yang dibudidayakan oleh 383 juta rumah tangga. Pertanian kecil menyumbang lebih dari 80% produksi beras global; 75% produksi kacang tanah dan kelapa sawit global; hampir 70% produksi millet dan ubi kayu global dan lebih dari 40% produksi kapas dan tebu global. Bahkan tercatat bahwa pertanian kecil di 83 negara berkontribusi dalam 70% dari total produksi kalori global dan 53% konsumsi kalori global. 

Setelah melihat data tersebut petani kecil seharusnya memiliki kehidupan yang layak dan berkecukupan. Namun pada kenyataannya kehidupan mereka masih jauh dari kata "sejahtera". Walaupun berperan besar dalam pemenuhan pangan global, kehidupan mereka masih belum worth it dengan perannya. Salah satu penyebabnya adalah kurang maksimalnya, bahkan tidak tersedianya akses dari pertanian ke pasar untuk menjual hasil pertanian. 

Maka itu, diperlukan tindakan maupun kebijakan untuk dapat mendukung serta meningkatkan kesejahteraan petani kecil agar perjuangan mereka mendapat penghargaan yang sesuai juga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda