Gluten Free Diet??


Video diatas merupakan suatu video yang menggambarkan apakah masyarakat Kanada mengerti dan tahu mengenai produk-produk gluten free. Dan ternyata sebagian besar mesyarakat Kanada berasumsi bahwa produk Gluten Free lebih sehat dibandingkan produk serupa yang biasa (non-gluten free). Asumsi tersebut diperoleh masyarakat dari artikel-artikel dikoran atau majalah, bahkan dari beberapa endorsement para selebriti. Artikel-artikel tersebut menyebitkan bahwan konsumsi produk gluten free dapat mengurangi gejala negatif pada kesehatan, menghilangkan perut buncit, bahkan menurunkan berat badan. Namun, hanya sebagian kecil masyarakat Kanada yang memiliki celiac disease. Harus ditegaskan disini bahwa, KONSUMSI PRODUK GLUTEN FREE MERUPAKAN KEBUTUHAN, BUKAN PILIHAN GAYA HIDUP.  

Pada video tersebut disebutkan bahwa penderita celiac disease sekitar 35.000 orang, namun masyarakt yang mengonsumsi produk gluten free mencapai 4.000.000 orang. Perlu diketahui bahwa penderita celiac disease memiliki kelainan sistem imun yang menganggap gluten sebagai alergi. Sehingga ketika penderita celiac disease mengonsumsi gluten, dapat memberikan dampak fisik seperti kembung, perut membesar, bahkan sampai gangguan emosional.

Akan tetapi, masyarakat Kanada secara umum kurang mengerti apa arti dari gluten sendiri. Ada yang mendefinisikan gluten sebagai komponen buruk dalam pangan seperti lemak, kalori, ada juga yang mendefinisikan sebagai bagian pati, komponen dalam gandum, atau bahkan sebagai sebuah tren. Karena minimnya pengetahuan masyarakat mengenai gluten membuat para produsen memanfaatkan persepsi masyarakat yang concern terhadap kesehatan (walaupun dengan harga yang jauh lebih mahal).

Namun, masih ada sebagian kecil masyarakat Kanada yang menganggap bahwa kebanyakan orang tidak memerlukan produk gluten free (karena tidak menderita celiac disease)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda