Three Perspective on Sustainable Food Security

Dalam jurnal berjudul "Three Perspective on Sustainable Food Security: Efficiency, Demand Restraint, Food System Transformation. What Role for LCA?" yang ditulis oleh Tara Garnett pada tahun 2013, terdapat 3 perspektif yang berkaitan dengan keberlanjutan sistem pangan, yaitu:
1. Efficiency
Perspektif ini diperlukan peningkatam efisiensi produksi sehingga jumlah produksi lebih banyak namun menggunakan lahan yang sama. Dapat juga menggunakan bibit-bibit unggul untuk intensifikasi agar hasil produksi dapat meningkat dengan menggunakan luas lahan yang sama. Peningkatan efisiensi produksi dapat membuat petani untung lebih banyak, sehingga mereka akan membuka lahan baru lagi dan lagi. Pembukaan lahan tersebut semakin lama semakin banyak dan luas sehingga akan menimbulkan masalah lingkungan yang lain (berkurangnya hutan, dsb). 


2. Demand Restraint (Menahan Permintaan)
 Pembatasan permintaan dapat membatasi proses produksi sehingga jumlah produk yang dihasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhan (tidak kelebihan). Namun masih ambigu mengenai batas "cukup" konsumen, sehingga penerapannya pun masih diperlukan tinjauan dan strategi yang lebih jelas agar masyarakat dapat memahaminya. 


3. Food System Transformation
Produksi dan konsumsi harus dalam keadaan seimbang. Mengapa harus begitu? Karena jika terjadi ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi, dapat terjadi ketidakseimbangan kesehatan contohnya seperti adanya masyarakat yang obesitas, tapi ada juga masyarakat yang malnutrisi. Ketahanan pangan bukan hanya dipandang dari pasokannya saja, namun dari faktor lain juga seperti aksesibilitas, keterjangkauan, pemanfaatan, dan stabilitas. Masalah sosial ekonomi pun menjadi fokus perhatian utama pada perspektif ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda