Macam-macam Lumpia

Selain lumpia Semarang, terdapat beberapa jenis lumpia di Indonesia. Ada 5 jenis lumpia di Indonesia, yaitu lumpia Semarang, lumpia Jakarta, lumpia Bogor, lumpia Medan dan lumpia Yogyakarta. 

1. Lumpia Semarang memiliki isian berupa rebung (bambu muda), telur dan udang. Biasanya disajikan bersama dengan saus manis yang terbuat dari gula aren. Lumpia Semarang biasanya disajikan dalam 2 jenis yaitu goreng yang bertekstur renyah dan kukus yang bertekstur lembut.

2. Lumpia Jakarta berbeda dengan lumpia Semarang, menggunakan isian bengkuang sebagai pengganti rebung. Lumpia Jakarta disajikan dengan saus juga, namun sausnya merupakan saus sambal kacang seperti sambal pada nasi uduk.

3. Di Kota Bogor juga terdapat lumpia yang khas. Lumpia biasanya digoreng atau direbus, namun lumpia Bogor dibakar diatas besi panas. Isian lumpia Bogor mirip dengan lumpia Jakarta, yaitu menggunakan bengkuang. Lumpia khas Bogor terdapat tambahan potongan tahu dan ebi pada penyajiannya.

4. Di Medan, lumpia dikenal dengan nama Popiah. Popiah merupakan lumpia basah yang berukuran besar. Popiah di Medan dikenal sebagai makanan utama, berbeda dengan di daerah lainnya yang hanya sebagai kudapan. Hal ini dikarenakan popiah dibuat dalam ukuran besar dan kaya akan isian. Isian popiah antara lain rebung, telur orak-arik, kacang tanah, udang, kepiting, dan sebagainya.

5. Lumpia Yogyakarta berbeda dengan lumpia Semarang walaupun daerahnya berdekatan satu sama lain. Lumpia khas Yogya berisi bengkuang, tauge, wortel serta daging ayam. Namun ada juga yang menambah isian seperti telur puyuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naniura

Peraturan Pemerintah Mengenai BTP - Bahan pemanis

Papeda